Kabar Terbaru

Setiap Nabi Pernah Berhaji

Assalamu’alaikum Wr Wb.
Haji merupakan salah satu ibadah yang sangat luar biasa. Selain biaya yang tidak sedikit, haji juga merupakan ibadah fisik dan psikis yang cukup melelahkan. Saya rasa, setiap umat Islam sangat berkeinginan untuk melaksanakan ibadah ini, hanya saja tidak semua orang mampu atau dimampukan oleh Allah untuk melaksanakannya.

Jika syariat haji dilaksanakan oleh Nabi Ibrahim dan Rasulullah SAW, apakah tidak menutup kemungkinan bahwa haji juga pernah dilakukan oleh para nabi lainnya? Atau apakah seluruh nabi pernah beribadah haji?

Demikian pertanyaan saya dan terima kasih atas jawabannya.

Wassalam.

Jawaban:

Wa’alaikumussalam wr wb.

Mengenai apakah seluruh nabi pernah berhaji atau tidak, para ulama berbeda pendapat. Ada satu hadis sahih  yang menyebutkan bahwa Nabi Musa dan Yunus AS pernah berhaji. Berikut hadisnya:

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَرَّ بِوَادِي الْأَزْرَقِ فَقَالَ أَيُّ وَادٍ هَذَا فَقَالُوا هَذَا وَادِي الْأَزْرَقِ قَالَ كَأَنِّي أَنْظُرُ إِلَى مُوسَى عَلَيْهِ السَّلَام هَابِطًا مِنْ الثَّنِيَّةِ وَلَهُ جُؤَارٌ إِلَى اللَّهِ بِالتَّلْبِيَةِ ثُمَّ أَتَى عَلَى ثَنِيَّةِ هَرْشَى فَقَالَ أَيُّ ثَنِيَّةٍ هَذِهِ قَالُوا ثَنِيَّةُ هَرْشَى قَالَ كَأَنِّي أَنْظُرُ إِلَى يُونُسَ بْنِ مَتَّى عَلَيْهِ السَّلَام عَلَى نَاقَةٍ حَمْرَاءَ جَعْدَةٍ عَلَيْهِ جُبَّةٌ مِنْ صُوفٍ خِطَامُ نَاقَتِهِ خُلْبَةٌ وَهُوَ يُلَبِّي.

Dari Ibnu Abbas bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berjalan melalui sebuah Lembah al-Azraq. Beliau bertanya: “Lembah apakah ini?” Para Sahabat menjawab, “Inilah Lembah al-Azraq.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Aku seakan-akan memandang kepada Nabi Musa yang sedang menuruni sebuah bukit sambil memohon dari Allah dengan suara yang keras melalui talbiyah.” Kemudian ketika sampai di Bukit Harsya beliau pun bertanya: “Bukit apa ini?” Para Sahabat menjawab, “Bukit Harsya.” Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seolah-olah aku melihat Yunus bin Matta berada di atas seekor unta gemuk berwarna merah yang dilengkapi dengan kain bulu dan tali kekang untanya sementara dia senantiasa bertalbiah.”  (HR. Muslim).

Melalui hadis ini, semua ulama sepakat bahwa Nabi Musa AS dan Nabi Yunus AS pernah berhaji.

Adapun pertanyaan apakah semua nabi pernah berhaji? Ada dua pendapat, sebagai berikut:

Pendapat pertama, semua nabi pernah berhaji, berdasarkan hadis berikut:

ما من نبي إلا وقد حج هذا البيت.

Semua nabi pernah berhaji ke rumah ini (baitullah). (dikutip dari Nihayatul Mathlab, Imam Al-Juwaini).

Pendapat kedua, semua nabi berhaji kecuali Nabi Hud AS dan Nabi Saleh AS, berdasarkan hadis:

ما من نبي إلا وقد حج البيت، إلا ما كان من هود وصالح.

Setiap nabi semuanya berhaji kecuali Hud dan Saleh (dikutip dari Al-Fatawa Al-Fiqhiyah Ibn Hajar Al-Haitami).

Pendapat ketiga, yang berhaji hanya 70 nabi dan ada juga yang mengatakan 75 nabi (dikutip dari kitab Al-Bidayah wan Nihayah Ibn katsir).

Demikian dan semoga bermanfaat.

Wallahu A’lam.
Foto : Freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *