Assalamu’alaikum Wr Wb.
Mohon izin bertanya, Pak Ustaz!
Pada umumnya kita mendapati hubungan yang tidak begitu harmonis antara ayah sambung dengan anak sambungnya. Setahu saya, Rasulullah SAW menikah dengan Sayidah Khadijah RA, seorang janda yang sangat dihormati di kalangan suku Quraisy.
Pertanyaan saya, apakah Sayidah Khadijah RA sudah mempunyai anak dari suami pertama beliau? Jika benar, bagaimana hubungan Rasulullah SAW dengan anak sambung beliau (anak tiri)?
Maaf pertanyaan ini saya sampaikan karena hal ini jarang dibahas oleh para Ustaz.
Terima kasih atas pencerahannya.
Wassalam.
Jawaban:
Wa’alaikumussalam Wr Wb.
Betul sekali, bahwa Rasulullah SAW memiliki anak sambung (anak tiri) dari Sayidah Khadijah RA. Salah satu nama anak sambung beliau yang terkenal adalah Hindun Ibn Abi Halah, anak dari suami pertama Sayidah Khadijah yang bernama Abu Halah. Hindun Ibn halah merupakan orang yang sangat fasih dalam berbicara.[1]
Lalu bagaimana hubungan Rasulullah SAW dengan anak tiri beliau, terutama kepada Hindun Ibn Halah RA? Untuk menjawab hal tersebut, kita bisa mengakses salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dalam kitabnya Asy-Syamail Al-Muhammadiyah sebagai berikut:[2]
عَنِ الْحَسَنِ بْنِ عَلِيٍّ، قَالَ: سَأَلْتُ خَالِي هِنْدُ بْنُ أَبِي هَالَةَ، وَكَانَ وَصَّافًا، فَقُلْتُ: صِفْ لِي مَنْطِقَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُتَوَاصِلَ الأَحْزَانِ، دَائِمَ الْفِكْرَةِ، لَيْسَتْ لَهُ رَاحَةٌ، طَوِيلُ السَّكْتِ، لا يَتَكَلَّمُ فِي غَيْرِ حَاجَةٍ، يَفْتَتِحُ الْكَلامَ، وَيَخْتِمُهُ بِاسْمِ اللَّهِ تَعَالَى، وَيَتَكَلَّمُ بِجَوَامِعِ الْكَلِمِ، كَلامُهُ فَصْلٌ، لا فُضُولَ، وَلا تَقْصِيرَ، لَيْسَ بِالْجَافِي، وَلا الْمُهِينِ، يُعَظِّمُ النِّعْمَةَ وَإِنْ دَقَّتْ لا يَذُمُّ مِنْهَا شَيْئًا، غَيْرَ أَنَّهُ لَمْ يَكُنْ يَذُمُّ ذَوَّاقًا وَلا يَمْدَحُهُ، وَلا تُغْضِبُهُ الدُّنْيَا، وَلا مَا كَانَ لَهَا، فَإِذَا تُعُدِّيَ الْحَقُّ، لَمْ يَقُمْ لِغَضَبِهِ شَيْءٌ حَتَّى يَنْتَصِرَ لَهُ، وَلا يَغْضَبُ لِنَفْسِهِ، وَلا يَنْتَصِرُ لَهَا، إِذَا أَشَارَ بِكَفِّهِ كُلِّهَا، وَإِذَا تَعَجَّبَ قَلَبَهَا، وَإِذَا تَحَدَّثَ اتَّصَلَ بِهَا، وَضَرَبَ بِرَاحَتِهِ الْيُمْنَى بَطْنَ إِبْهَامِهِ الْيُسْرَى، وَإِذَا غَضِبَ أَعْرَضَ وَأَشَاحَ، وَإِذَا فَرِحَ غَضَّ طَرْفَهُ، جُلُّ ضَحِكِهِ التَّبَسُّمُ، يَفْتَرُّ عَنْ مثل حَبِّ الْغَمَامِ»”
“Dari Al-Hasan Ibn Ali RA, ia berkata : “Saya pernah bertanya kepada pamanku, Hindun ibn Abi Halah, yang sangat pandai menggambarkan sesuatu. Saya katakan kepadanya: Gambarkanlah kepadaku bagaimana cara Rasulullah berbicara. la berkata: Rasulullah SAW adalah seorang yang tampak selalu prihatin dan senatiasa berpikir. Beliau lebih banyak diam dan berbicara seperlunya. Beliau memulai dan mengakhiri pembicaraan beliau dengan menyebut nama Allah. Ucapan beliau selalu padat, detail, dan jelas, tidak lebih dan tidak kurang, tidak kasar dan tidak merendahkan. Beliau selalu mensyukuri nikmat walaupun sedikit dan sama sekali tidak pernah mencelanya. Beliau tidak pernah mencela dan rnemuji makanan. Urusan dunia beserta isinya tidak pernah membuat beliau marah. Jika kebenaran dilanggar, beliau tidak akan diam hingga kebenaran itu ditegakkan. Beliau juga tidak pernah marah dan tidak pula memperjuangkan kepentingan pribadi. Ketika menunjuk sesuatu, beliau selalu menggunakan seluruh telapak tangannya. Dalam keadaan takjub atau terkejut, beliau selalu membalik (telapak tangan). Ketika berbicara, beliau terbiasa menggunakan tangan untuk memperjelas perkataan dengan cara memukul-mukulkan telapak tangan kanan ke ibu jari kiri. Ketika marah, beliau berbalik dan berpaling. Ketika senang, beliau menundukkan pandangan. Tawa beliau adalah senyuman dan gigi beliau tampak seperti butiran salju.” (HR. Tirmidzi).
Salah satu perawi hadis di level sahabat adalah Al-Hasan Ibn Ali RA dan Hindun Ibn Halah RA.
Ketika ditanya oleh Al-Hasan Ibn Ali RA mengenai sifat atau akhlak Rasulullah SAW dalam berbicara, Abu Halah RA dapat menggambarkan dengan detail dan sangat indah.
Mengapa Hindun Ibn Abi Halah RA dapat menggambarkan dengan detail? Tentunya karena beliau sangat dekat dengan Rasulullah RA. Andaikan Abu Halah tidak harmonis dengan ayah sambungnya , dalam hal ini Rasulullah SAW, tidak mungkin Abu Halah sangat bersemangat dan detail dalam menggambarkan karakter Rasulullah.
Jadi jelas sudah, hubungan Rasulullah dengan anak sambungnya sangat dekat dan harmonis. Sudah dipastikan bahwa dalam mendidik dan mengasuh anak, Rasulullah SAW tidak membeda-bedakan antara anak kandung dengan anak sambung.
Wallahu A’lam.
Foto : Unsplash
————
[1] Lihat kitab Al-Isti’ab Fi Asma’ Al-Ashab karya Al-Imam Ibn Abdil Bar, Dar Al-Fikr, Beirut: 1427 H, Juz 2, hal. 327.
[2] Lihat As-Syamail Al-Muhammadiyah Lit Tirmidzi, Dar Al-Hadis, Beirut: 1408 H, hal. 105
[1] Lihat kitab Al-Isti’ab Fi Asma’ Al-Ashab karya Al-Imam Ibn Abdil Bar, Dar Al-Fikr, Beirut: 1427 H, Juz 2, hal. 327.
[2] Lihat As-Syamail Al-Muhammadiyah Lit Tirmidzi, Dar Al-Hadis, Beirut: 1408 H, hal. 105