Kabar Terbaru

Kewajiban Menuntut Ilmu dan Keutamaan yang Allah Janjikan

Ilmu merupakan hal yang sangat penting. Di dunia ini secara umum kita membagi ilmu atas dua cabang, yaitu ilmu dunia dan ilmu akhirat atau ilmu agama. Ilmu dunia adalah ilmu yang digunakan manusia untuk memudahkan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Sedangkan ilmu akhirat atau ilmu agama adalah ilmu yang digunakan dengan tujuan untuk menyempurnakan ibadah kepada Allah SWT.

Setiap muslim dan muslimah tentu menginginkan ibadah yang sempurna. Baik itu sempurna dalam gerakan, pengucapan ataupun dalam penghayatan. Dalam menyempurnakan ibadah, kita membutuhkan ilmu yang terkait akan ibadah. Selain dalam ibadah, ilmu juga sangat dibutuhkan saat ingin menjadi sesuatu dalam mewujudkan impian setiap orang. Contohnya saja, saat seseorang ingin menjadi akuntan ataupun auditor yang handal, maka ia harus memiliki dan mendalami ilmu akuntansi dan audit. Begitupun ilmu juga sangat dibutuhkan untuk menjadikan manusia sebagai pribadi yang bermanfaat bagi keluarga, masyarakat, agama dan negara.

Melihat pentingnya ilmu dalam sendi-sendi kehidupan manusia, maka tidak salah apabila ilmu disebut sebagai salah satu kunci kebaikan dan kesuksesan dapat terjadi. Pentingnya ilmu dan bermanfaatnya ilmu, membuat menuntut ilmu ataupun mencari ilmu dihukumi wajib. Dalam agama Islam, hukum menuntut imu adalah¬†fardhu¬†atau wajib bagi setiap muslim, baik itu laki-laki atau perempuan, kaya atau miskin, tanpa melihat faktor pembeda lainnya. Hal ini dishahihkan oleh Syaikh Albani dalam Shahih wa Dha’if Sunan Ibnu Majah no. 224 yang berbunyi,

“Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap individu muslim.”

Wajibnya seorang muslim dalam menuntut ilmu diiringi dengan keutamaan yang tidak sedikit. Beberapa keutamaan dalam menuntut ilmu yaitu, ilmu adalah warisan para nabi, ilmu akan kekal dan bermanfaat bagi pemiliknya, orang yang berilmu adalah orang yang dikehendaki kebaikan pada dirinya, orang yang memiliki ilmu akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT dan orang yang berilmu adalah orang yang paling takut pada Allah SWT. Selain itu, Allah juga menjanjikan hadiah yang sangat istimewa bagi pencari ilmu, yaitu kemudahan dalam menuju surga. Janji ini telah tertulis dengan sangat pasti di dalam sabda Rasulullah SAW berikut,

“Barang siapa menempuh satu jalan (cara) untuk mendapatkan ilmu, maka Allah pasti mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim)

Pentingnya menuntut ilmu dan banyaknya keutamaan dalam menuntut ilmu yang telah Allah SWT janjikan. Menjadikan semangat baru bagi kita untuk senantiasa mencari ilmu-imu baru yang belum pernah kita pelajari. Dan membuat kita semakin yakin, bahwa ilmu yang akan membuat hidup kita lebih baik hingga nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *