Mandi Jumat Wajib Atau Sunah?

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Maaf, Pak Ustaz! Saya ingin bertanya perihal mandi pada hari Jum’at. Yang saya ketahui bahwa hukum mandi untuk shalat Jumat (mandi Jumat) adalah sunah. Hal itu saya ketahui sejak kecil hingga saat ini melaui pelajaran fikih.
Tapi yang membuat saya ragu, saya menemukan hadis sebagai berikut: “Mandi hari Jumat adalah wajib bagi setiap orang yang bermimpi (baligh),” (HR. Bukhari dan Muslim).
Dari teks hadis di atas, dapat kita fahami bahwa mandi hari Jumat hukumnya wajib, bukan sunah. Sedangkan yang kita fahami hingga saat ini mandi Jumat adalah sunah. Jika demikian, bukankah menyalahi hadis sahih di atas, Ustaz? Mohon pencerahan dan terima kasih yang sebesar-besarnya.
Jawaban:
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
Hadis yang Anda maksud adalah:
???? ????? ??????? ???????????? ?????? ??????? ?????? ???????? ???? ?????????? ?????? ??????? ???????? ????????? ????? ?????? ?????? ??????????? ??????? ????? ????? ??????????
Dari Abu Sa'id Al Khudriy telah sampai kepadanya sabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam: "Mandi pada hari Jum'at adalah wajib bagi setiap orang yang sudah mimpi (baligh) ". (HR. Bukhari dan Muslim). Jika dilihat sepintas, tentu kita akan memahami hadis di atas bahwa mandi Jumat hukumnya adalah wajib, artinya jika kita meninggalkannya kita berdosa. Tapi apakah benar demikian maknanya? Menurut jumhur ulama, makna ‘wajib’ dalam hadis diatas adalah ‘sunah yang sangat ditekankan’. Alasan bukan wajib adalah berdasarkan hadis-hadis lain, diantaranya adalah hadis Samurah, yaitu:[1]???? ???????? ???? ???????? ????? ????? ??????? ??????? ?????? ??????? ???????? ????????? ???? ????????? ?????? ??????????? ??????? ?????????? ?????? ????????? ??????????? ????????
Dari [Samrah bin Jundab] dia berkata, Rasulullah Shallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barang siapa yang berwudhu' pada hari Jum'at maka hal itu sudah mencukupinya dan baik, akan tetapi barang siapa yang mandi, maka mandi itu lebih utama." (HR. Tirmidzi).” Dan juga hadis Aisyah RA:???? ????????? ???????? ??????????? ????? ?????????? ?????? ??????? ???????? ????????? ????? ?????????? ???? ???????? ???? ???????????? ???????? ??????????? ?????? ???????????? ?????? ?????? ??????????
Dari Aisyah bahwa dia menceritakan kepadanya, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mandi ibadah karena empat alasan: junub, hari Jum'at, berbekam, dan memandikan mayat. (Abu Daud). Selain hadis-hadis diatas, alasan bahwa mandi Jumat bukan wajib adalah mandi Jumat bukan menjadi penentu sah atau tidaknya Shalat Jumat. Adapun makna wajib dalam hadis tersebut adalah ‘lil ikhtiyar’ yaitu wajib mengusahakan mandi agar jamaah tidak terganggu dengan bau aroma tubuh.[2] Demikian, semoga bermanfaat. Wallahu A’lam. Tim Cordofa.[1] Lihat Al-Fiqh Al-Islami Wa Adillatuh, Wahbah Zuhaili, Dar Al-Fikr, Beirut: 1405 H, Juz 1, hal. 387.
[2] Lihat Fathul Bari, Ibn Hajar Al-Asqallani, Al-Maktabah As-Salafiyah, t.t. Juz 2, hal. 361.
Foto : Unsplash