Kabar Terbaru

Dompet Dhuafa Kaltim membentuk FHQ di Balikpapan

Forum Halaqah Qur'an, Forum Halaqah Quran

Dompet Dhuafa Kalimantan Timur (DD Kaltim) bersama Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa) menggelar acara Amazing Muslimah di Masjid Al-Istiqamah, Balikpapan, pada Kamis (23/11). Kegiatan tersebut merupakan gerakan membebaskan muslimah dari buta huruf Al-Qur’an yang diinisiasi oleh inspirator muslimah, Peggy Melati Sukma.

Ratusan muslimah muda hingga lansia yang merupakan binaan Dai Cordofa Kaltim berserta masyarakat umum turut menghadiri acara Amazing Muslimah. Selain pelatihan Al-Qur’an, para peserta juga mendapatkan inspirasi hijrah dari sosok Peggy Melati Sukma dan Mirani Mauliza, serta motivasi dari Ustadz Fauzi Qosim selaku Head of Cordofa.

Koordinator Dakwah Cordofa, Ustadz Imam Alfaruq menyampaikan, kegiatan ini hanya one day training,¬†sebagai pengenalan program, setelah itu akan dibentuk Forum Halaqah Qur’an (FHQ) untuk mewadahi warga Balikpapan dalam belajar membaca Al-Qur’an.

“Pelatihan ini merupakan tahapan pertama dalam rangkaian agenda Amazing Muslimah. Selanjutnya kami akan membentuk Daurah Muwajjih atau pelatihan untuk para pengajar Al-Qur’an,” ujar Ustadz Imam Alfaruq.

“Setelah ada para pengajar yang sesuai dengan kualifikasi yang telah kami tetapkan, tahap selanjutnya membentuk Forum Halaqah Qur’an, yaitu wadah untuk masyarakat yang ingin belajar membaca Al-Qur’an, dan dibimbing langsung oleh para muwajjih,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Peggy Melati Sukma menyampaikan mengenai ke-Tauhid-an, dan mengajak peserta untuk kembali berharap hanya kepada Allah SWT tanpa menduakan dengan apapun, termasuk kecintaannya pada selain-Nya. Ia pun mengajak untuk tetap membaca Al-Qur’an serta berusaha memahami maknanya.

Senada dengan Mirani Mauliza, menurutnya proses berhijrah tidak terlepas dengan membaca Al-Qur’an sebagai pedoman kehidupan, sehingga tidak keluar dengan syariat yang telah Allah SWT tetapkan.

Salah satu peserta asal Balikpapan, Rurita, sempat menangis saat mengungkapkan betapa ia terinspirasi dalam proses hijrah dari Inspirator Muslimah, dan ia merasa malu selaku guru ngaji Paud yang masih belum benar melafalkan huruf hijaiyah.

“Saya seperti mendapat berkah luar biasa, karena hari ini diringankan untuk melangkah ke tempat ini. Saya akan mengazzamkan dalam hati untuk menjadi muslimah yang lebih baik bahwa bagaimanapun kondisi saat ini memang kita harus kembali pada Allah,” ujarnya.

Program Amazing Muslimah yang diinisasi oleh Peggy Melati Sukma dan Dompet Dhuafa sampai saat ini telah mencapai 10.000 jamaah atau penerima manfaat yang tersebar di seluruh wilayah Nusantara.

Baca: Amazing Muslimah Sapa Bumi Cendrawasih Membumikan Al-Qur’an

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *